EFEKTIF DAN EFISIEN
EFEKTIF DAN EFISIEN : Pengertian, Perbedaan
& Contohnya, Lengkap
MEI 09 2020
Efektif dan Efisien – Efektif adalah sebuah usaha untuk
mendapatkan tujuan, hasil atau target yang diharapkan dengan waktu
yang telah ditetapkan terlebih dahulu tanpa memperdulikan biaya yang harus atau
sudah dikeluarkan.
Pekerjaan efektif berhubungan perencanaan, penjadwalan dan
pengeksekusian keputusan yang tepat guna. Suatu pekerjaan dapat dikatakan
efektif jika tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai.
Pengertian
efektif adalah cara
mencapai suatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dari beberapa
alternatif, kemudian mengimplimentasikan pekerjaan dengan tepat dengan waktu
yang cepat.
Sedangkan, Efisien mengharuskan seseorang untuk menyelesaian suatu
pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan tepat waktu dimana juga mengharuskan
seseorang bekerja secara maksimal tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Pekerjaan efisien sendiri dapat dilakukan dengan mengevaluasi,
membuat perbandingan antara masukan dan pengeluaran yang diterima. Efisien
berarti mencari cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan
Pengertian
efisien adalah cara
untuk mencapai suatu tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal namun
hasil maksimal. Sumber daya diolah dengan bijak dan hemat sehingga uang, waktu
dan tenaga tidak banyak terbuang.
Contoh Sederhana Dalam Memahami Efektif dan
Efisien :
Dari Jakarta, Ani ingin pergi ke Surabaya untuk berlibur, dalam
hal ini dia bisa pergi menuju Surabaya dengan efektif saja, efisien saja atau
dengan cara yang efektif dan efisien.
- Jika Ani pergi ke Surabaya
menggunakan Pesawat dengan tiket Rp. 1.500.000 dan sampai dalam waktu 1,5
jam. Maka Ani melakukan pekerjaan tersebut dengan Efektif, namun Tidak Efisien. Karena
ia harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk perjalanan tersebut.
- Jika Ani pergi ke Surabaya
menggunakan Bus Ekonomi dengan harga Rp. 100.000 dan sampai dalam waktu 18
jam, maka Ani melakukan perjalanan tersebut dengan Efisien, Namun kurang Efektif.
- Nah, Agar perjalanan Ani bisa
dilakukan secara efektif dan efisien, maka ia harus memikirkan bagaimana
agar ia sampai di Surabaya dengan biaya yang murah, tapi tidak
menghabiskan banyak waktu di jalan. Ia bisa memilih (misalnya) menggunakan
kereta yang harganya murah dan durasi perjalannya juga tidak terlalu lama
atau alternatif lainnya.
Perbedaan efektif dan efisien dijelaskan
dalam beberapa poin berikut:
EFEKTIF
|
EFISIEN
|
Berorientasi Tujuan
|
Berorientasi Tujuan
|
Pemilihan bagaimana cara tercepat mencapai tujuan
|
Pemilihan bagaimana cara terhemat mencapai tujuan
|
Waktu pengerjaan lebih singkat karena
ketersediaan sumber daya dll.
|
Waktu pengerjaan lebih lama karena
sumber daya yang dipangkas.
|
Biaya yang dikeluarkan tinggi
|
Hemat biaya
|
Sebuah pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan efisien agar hasil yang
didapatkan lebih maksimal. Perbandingan pekerjaan yang dilakukan secara efektif
dan efisien dapat dilihat dalam daftar berikut ini:
- Efektif dan
Efisien
Tujuan dapat tercapai dengan cepat dan biaya yang hemat. - Efektif tapi Tidak Efisien
Tujuan dapat tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi - Tidak Efektif tapi Efisien
Tujuan lama tercapai atau bahkan tidak tercapai karena cara-cara untuk mencapai tujuan tidak jelas, namun biaya sedikit. - Tidak Efektif dan Tidak Efisien
Tujuan lama tercapai atau besar kemungkinan tidak akan tercapai dan beban yang dikeluarkan tinggi. Ini karena pekerjaan tidak dilakukan dengan step by step yang benar dan tanpa perhitungan biaya.
Cara Agar Pekerjaan Efektif Efisien
1. Membagi Waktu dan Jadwal
Untuk anda yang menginginkan suatu pekerjaan yang efektif dan
efisien, sekarang ada baiknya anda harus membuan jadwal, pembagian waktu dan
sebagainya yang berisi suatu rincian yang lengkap dengan detailnya.
Misalnya saja, agar karywan atau teman-teman anda dapat
menghubungi anda tanpa datang ke tempat anda saat memberikan laporan atau hasil
kerja lainnya, anda dapat memberikan email, whatsapp, BBM dan lainnya supaya
mereka dapat menghubungi anda dengan mudah.
Hal ini juga dapat membantu anda untuk mendapatkan rapat yang
terorganisir dengan karywan anda. Selain itu, cara ini juga dapat anda lakukan
untuk mengawasi karywan anda tetap bekerja walaupun sedang tidak berada didalam
kantor.
2. Memikirkan Pencadangan File atau Backup
Seseorang tentu pernah mengalami lupa saat mengingat-ingat suatu
barang tersebut ditaruh seperti halnya anda lupa dimana menaruh file
untuk rapat sedangkan untuk mencarinya anda membutuhkan waktu banyak.
Mengingat folder-folder yang ada di laptop atau komputer tidak
sedikit. dan barang-barang lainnya yang dapat anda lupakan seperti username dan
kata sandi, tempat untuk menaruh flashdisk.
Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat menyiasati dengan
selalu menyimpan file-file penting kedalam dua penyimpan misalnya disimpan
didalam hardisk internal maupun eksternal. Selain itu, sekarang sudah ada
penyimpanan online yang dapat anda manfaatkan dengan baik misalnya menggunakan
google drive.
3. Menghindari Semua Gangguan
Jika anda sedang berada diruang rapat maka ada baiknya anda
menghindari untuk mengecek ataupun berkirim Chat atau sms dan menerima
panggilan bahkan kalau perlu anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu agar
tetap fokus pada pertemuan tersebut dan pekerjaan anda dapat terselesaikan
dengan baik.
Lain halnya jika anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda
untuk selalu aktif di sosial media misalnya sebagai internet marketer.
4. Ingat dan Teliti
Anda sebaiknya harus membiasakan diri untuk mengingat dan meneliti
pekerjaan apa yang anda lakukan untuk hari ini agar terhindar dari kesalahan
yang tidak diinginkan. Lebih baik pikirkanlah pekerjaan anda daripada
memikirkan hal lain yang dapat mengganggu pekerjaan anda.
5. Berhenti Melakukan Pekerjaan Secara
Bersamaan
Untuk anda yang memiliki pekerjaan lebih dari satu, sebaiknya anda
harus mengerjakan pekerjaan yang satu terlebih dahulu baru melanjutkan
pekerjaan yang lain. Usahakan melakukan pekerjaan dengan tingkat kesulitan
terlebih dahulu agar pekerjaan yang lainnya terasa lebih ringan. Konsentrasilah
terlebih dahulu dengan tugas dihadapan anda terlebih dahulu.
6. Melakukan Perbincangan Ringan
Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, tentu anda akan menemukan
kebosanan karena anda tidak terbiasa berdiam diri sendirian. Oleh karena itu,
anda dapat mengambil jeda untuk melakukan obrolan-obrolan kecil bersama
teman-teman anda.
7. Bekerja dengan Kecepatan Sendiri
Jangan pernah membandingkan kecepatan bekerja orang lain dengan
kecepatan bekerja anda. Itu salah besar. Karena pada dasarnya setiap orang
memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan bila anda tidak memiliki kemampuan
bekerja seperti orang lain maka jangan sekali-kali menirunya. Justru hal
tersebut akan membuat hasil pekerjaan anda tidak maksimal.
8. Beristirahatlah Setelah Bekerja
Jika anda memiliki pekerjaan yang banyak, usahakan anda mengambil
waktu istirahat disela-sela mengerjakan tugas. Manfaat dari beristirahat adalah
dapat membuat pikiran anda sejuk kembali sehingga anda dapat berfikir lebih
jernih dan efektif kembali. Jangan lupa imbangi istirahat anda dengan
mengkonsumsi makanan sehat terutama makanan yang mengandung glukosa.
Contoh Pekerjaan Yang Efektif dan Efisien
- Melakukan Jual Beli Online Perkembangan teknologi yang
berkembang pesat membuat seseorang menginginkan suatu pekerjaan yang
efektif dan efisien, memanfaatkan teknologi, kini orang-orang lebih
memilih transaksi jual-beli secara online.
- Dinda harus memindahkan barang dengan
sepeda motor selama 3 kali sedangkan Radit hanya perlu memindahkan barang
satu kali saja dengan truk Dimana dinda berkeja secara efektif sedangkan
Radit bekerja secara efisien karena dia menggunakan truk untuk menghemat
waktu dan tenaga.
- Pekerjaan yang efektif selanjutnya
adalah mengambil contoh dari maskapai merpati airlines dimana mereka
pernah mengalami kebangkrutan sehingga pemerintah mengeluarkan dana untuk
membantu maskapai tersebut terhindar dari kebangkrutan lama.
Komentar
Posting Komentar